Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah kamu bersegera mengerjakan haji karena sesungguhnya seseorang

Selasa, 28 September 2010

TETAP SEHAT SAAT MENUNAIKAN IBADAH HAJI


Labbaik Allahumma labbaika, Labbaikalaa syarikalaka labbaika, innal hamda wanni’mata laka wal mulka laa syarikalaka

Haji adalah ibadah Istimewa ditinjau dari segi apapun. Perlu banyak persiapan untuk menjalankanya. Selain niat, persiapan biaya, manasik haji serta waktu pelaksanaan yang lama dan jauh di tanah suci. Maka persiapan kesehatan fisik dan mental dari sebelum berangkat serta selama di Tanah suci menjadi salah satu unsur penting kelancaran pelaksanaan Ibadah Haji.

TAHAP PERSIAPAN (di Tanah Air)
Jauh hari sebelum berangkat ke tanah suci, calon haji perlu kesiapan antara lain:
1. Latihan fisik sesuai usia dan kondisi fisik, misalnya: jalan pagi atau sore, senam ringan untuk membiasakan kondisi badan selama di tanah suci.
2. Mengendalikan penyakit yang diderita, dengan rajin kontrol ke dokter, misalnya: Diabetes, Hipertensi, Payah Jantung alternatif lain membiasakan kosumsi herbal.
3. Membawa bekal obat sesuai petunjuk dokter (bagi calon jamaah haji resiko tinggi) atau herbal yang biasa digunakan sehari-hari. (tidak perlu membeli obat yang ditawarkan karena tidak selalu “cocok” dengan masing-masing calon jamaah haji).
4. Makan dan minuman bergizi.
5. Latihan pengendalian diri (shabar). Kesabaran perlu di asah jauh hari karena luapan emosi bisa meledak setiap saat, terutama saat mengalami ketidak nyamanan layanan haji, saat menunggu antrian, dan lain-lain keadaan yang dapat memicu emosi.

PEMELIHARAAN KESEHATAN (Saat Di Tanah Suci)
1. Antisipasi Cuaca, cuaca tanah suci berbeda dengan cuaca tanah air, bila panas panas sekali dan bila dingin juga terasa dingin sekali.

Kesehatan kulit perlu dijaga untuk kenyamanan ibadah karena bagaimana mungkin kita dapat menunaikan ibadah haji dengan baik bila tubuh kita kurang mendukung? Siapkan bekal keperluan kesehatan kulit antara lain:
- Lipglose, berguna untuk menjaga kelembaban kulit bibir sehingga tidak pecah-pecah.
- Sunscreen Gel SPV 30, berguna untuk melindungi kulit dari efek negatif matahari, sehingga kulit tidak gosong dan kering.
- Rich Moisture cream, menjaga kelembaban kulit kaki serta mencegah tumit pecah-pecah.

2. Pola Makan, perlu disadari bahwa cita rasa makanan kita dengan makanan di Arab sangat berbeda. Bagi sebagian orang tidak menjadi masalah dan bagi sebagian yang lain menimbulkan masalah sehingga enggan untuk makan. Berikut kiat-kiatnya:
- Makan dan minum bergizi dalam jumlah yang cukup.
Bagi yang merasa nyaman dengan makanan khas Indonesia, biasaya orang asli Indonesia yang sudah bermukim di Arab menjual sayur bayam,ikan asin,sambal,pecel,rawon,soto, … pokoknya ™ ada semua deh.
- Pada saat cuaca panas sebaiknya banyak minum dan berbekal minuman ketika hendak ke masjid, ziarah, dan lain-lain. Pendeknya, kemanapaun hendak pergi, jamaah haji hendaknya membawa bekal minuman untuk menghindari kekurangan cairan ( dehidrasi )

3. Pola Istirahat, istirahat yang cukup (tidur sesuai kebiasaan seperti saat di tanah air ). Biasakan berhenti ( istirahat ) sejenak apabila dalam pelaksanaan haji atau dalam perjalanan dirasa mulai lelah.

4. Shabar dan syukur, perlu disadari berhaji adalah karunia Allah yang tiada terhingga, bagi umat yang jauh perjalanan ke Baitullah merupakan perjalanan sekali seumur hidup, Oleh karena itu kesempatan berhaji haruslah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.
kendalikan diri (shabar) setiap saat dari awal pemeriksaan kedatangan di Arab Saudi, setiap saat dalam antrian, saat menunggu transportasi ke pemondokan, saat hendak mencium Hajar Aswad, saat melempar jumroh, saat pemulangan di debarkasi, saat kembali ke embarkasi, dan kondisi lain yang dapat memicu emosi.Keshabaran Anda akan dicatat Allah sebagai ibadah.
Syukuri kesempatan dengan memperbanyak ibadah semampu kita lakukan. Hindari perjalanan berlebihan yang tidak penting, seperti: belanja di pasar seng dan lain-lain.
Semoga tips singkat ini bermanfaat. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga diberikan kelancaran dan menjadi haji mabrur. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar