Rasulullah SAW bersabda : “Hendaklah kamu bersegera mengerjakan haji karena sesungguhnya seseorang

Minggu, 23 Oktober 2011

Mendulang Manfaat Ziarah Makam Rasul



Setelah menunaikan Ibadah Haji, berkunjung ke kota Madinah adalah rangkaian momen yang sangat penting dan sayang untuk dilewatkan. Madinah adalah kota dimana Rasulullah menghabiskan waktu hingga akhir hidupnya. Di kota ini Rasulullah membangun Masjid Nabawi. Tujuan utama berkunjung ke Masjid Nabawi disamping sholat, shalawat dan salam, jamaah haji bisa juga ziarah ke makam Rasulullah dan beberapa sahabatnya serta mengunjungi Raudhah untuk bersujud pada Allah.

Keutamaan Sholat Di Masjid Nabawi
Dimasjid ini Rasulullah beribadah bertahun-tahun dan menyebutnya dengan masjid beliau. Rasulullah SAW bersabda, Melakukan sholat di masjidku mendapat ganjaran 1.000 kali lipat dibanding masjid lain kecuali Masjidil Haram yang memiliki nilai 100.000 kali lipat dibanding masjid lain” (Abu Hurairah-Bukhari/Muslim)
Para sahabat adalah orang-orang yang beruntung, mereka bisa bertemu, mendengarkan sabda dan melihat langsung perilaku beliau selama hidupnya, namun orang-orang beruntung lainya adalah jamaah haji yang mampu memanfaatkan waktunya untuk sholat berjamaah di masjid Nabawai. Rasulullah SAW bersabda ”Seseorang yang melakukan sholat selama 40 kali (arbain) di masjidku, tanpa terlewatkan satu waktupun akan diselamatkan dari siksa api neraka dan terhindar dari sifat munafik” (Anas-Musnad/Ahmad)

Keutamaan Ziarah Makam Rasulullah
Selain sholat di Masjid Nabawi, rangkaian amalan baik lainya adalah ziarah ke makan beliau dan bershalawat serta mendoakan nabi dan dua sahabat, yang makamnya berdampingan yaitu Abu Bakar Ash Shidiq R.A dan Umar bin Khattab R.A. Berkaitan dengan hal itu Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda:
” Seseorang yang melaksanakan haji kemudian mengunjungi makamku akan dihargai seolah-olah Ia melihatku seumur hidupku”
” Seseorang yang datang semata-mata untuk mengunjungi makamku berarti ia menghadap padaku dan selayaknya aku memohon ampun untuknya” (Darqutni)

Berdasarkan hadits diatas cukup penting kiranya berkunjung ke Masjid Nabawi dan berziarah tentunya setelah jamaah haji telah menyelesaikan haji dan umrah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar